Tuesday, August 07, 2012

People Judge, Friends Listen

You'll never understand a person until you walk a mile in their shoes.
Quote yang ngena banget kan..
For some people, of course!
Kalo saya sih gitu, ketika saya melihat seseorang, yang entah itu ia lagi di atas atau di bawah, saya selalu membayangkan gimana saya kalo saya juga mengalami hal yang sama. Contoh pertama : liat tante2 cantik, baru turun dari mobil trus jalan nge gandeng anak ceweknya yang masih kecil trus jalan2 belanja, waaaa itu aku ngebayangin jadi si tante pasti seneng banget deh idupnya..Lebih gampang emang buat membayangkan yang bagus2 gini. Tapi coba kalo sebaliknya.
Kasus kedua, pas lagi di lampu merah gitu trus liat ada ibu2 sama anaknya, bajunya jelek, mukanya kucel, kepanasan sambil ngetok kaca mobil orang trus minta2 gitu, waaahh sedih banget pasti rasanya kalo jadi si ibu, saya ngebayangin kalo jadi si ibu, pasti dia sebenernya udah berusaha keras mengubah nasibnya, tapi apa daya, ya memang tak berdaya mungkin yaa jadi hanya meminta-minta yang bisa dia lakuin, dan entah apa alasan sebenernya ya cuma si ibu yang tau.
Ga cuma itu, bahkan kalo lagi liat film pun, yang jelas2 itu cuma fiktif, saya juga ngebayangin gimana rasanya jadi tokoh utamanya, yang biasanya sedih banget nasibnya, dan saya sampe nangis nggero2 gitu..
Nah jadi, mari kita cerna lagi quote diatas itu..
Kita ga akan bener2 pernah ngerti tentang seseorang kan kalo kita belum bener2 tau apa yang ia alamin..
Contoh kayak kasusnya si ibu di pinggir jalan tadi, beberapa orang mungkin ada yang berpikiran sama kayak saya tadi, tapi beberapa orang pasti ada juga yang mikirnya "Ih si ibu nih, mbok ya usaha, cari kerja gitu, masa cuma minta2 mulu, ga kasian apa sama anaknya" blablabla, nah kan, enak banget ngomong gitu yaa, padahal gatau kan kalo ternyata si ibu tu ya udah cari2 kerja dari kemaren2 (misalnya lho ini) nah udah suudzon juga kan kalo kita langsung nge-judge begitu sama si ibu..
Ya itu terjadi karena kita tidak mencoba memahami bagaimana rasanya walk a mile in their shoes itu..
Kita menganggap si ibu sama aja kayak kita dalam menjalani hidupnya, kita bisa usaha cari kerja jadi ya si ibu juga harusnya gitu dong usaha juga kayak kita, padahal orang kan beda-beda, latar belakang beda, lingkungan beda, pribadi pun beda, jadi ga bisa dong disamain gitu aja..
Aduh gausa jauh2 deh, jadi begini, ketika saya punya masalah, masalah homesick tinggal di Jakarta *oke mulai curhat -__-"
Iya saya ga betah tinggal di Jakarta, dan saya udah memutuskan bahwa saya ga betah itu di minggu kedua saya tinggal disana, (1) karena lingkungan tempat tinggal saya yang ga nyaman, (2) karena di kantor tempat saya kerja, orangnya cuek2 semua, dan mayoritas adalah orang2 tua udah pada nikah dan punya anak, dan (3) saya ga bisa enjoy sama kerjaan saya. Pas itu saya pengen cerita, at least buat sedikit mengurangi rasa tertekan saya disana, dan yang saya arepin itu kan sebenarnya adalah support, ato kalo emang males ngasi support yaudasih cukup dengerin saya aja gapapa, tapi yang jelas saya ga pengen dikasi judgement. Bukan "alaaaaah baru juga 2 minggu masa udah ga betah" ato "kamu tu belum terbiasa, makanya membuka diri biar banyak temennya juga" bukan itu yang saya pengen denger. Emang dikiranya saya ga berusaha apa buat mbetah2in, buat making friends, saya usaha banget tauuuk!
Iya tau sih mungkin itu akan menguatkan saya buat tetep survive maksudnya, tapi if you know me so well yahh, tidak akan baik untuk ketenangan jiwa saya kalo saya tetep survive. *bahasaku -__-"
Lagian kalo udah ga enjoy pasti ngerjain apa2 juga ga bakal maksimal kan?!
Jadi yaa, selama saya merasa tertekan dan ga enjoy, saya pasti selalu nangis, jadi ga doyan makan, dan beneran deh saya sekarang kurusan, turun 5 kilo..Dan saya sadar bahwa saya ga bahagia disana.
Buat apa sih punya banyak duit? buat seneng kan?
tapi semua orang tau, seneng sama bahagia beda kan?
Uang doang ga bisa bikin saya bahagia. Jadi saya akhirnya memutuskan buat engga lagi survive di Jakarta.
Ketika keputusan saya itu sudah bulat, eh malah beberapa orang bukannya mendukung saya, tapi mereka cuma nge-judge terus, kemudian nyalahin aku ini itu, kemudian mulai mengatur apa yang seharusnya aku lakukan..
Ah ya ampuuuunn, saya yang ngejalanin lho ini, yang ngerasain, bukan mereka..
Dan mereka tau apa sih tentang saya?
Tapi yauda sih, karena emang ga semua orang bisa ngerasain gimana rasanya walk in my shoes.
Ini hidup saya dan yang tau jalan mana yang bisa bikin saya bahagia ya cuma saya sendiri.
Dan saya ga mau peduli lagi apa kata mereka.
Tapi itu susah -__-"
Saya terlalu peduli apa pemikiran orang terhadap saya.
Jadinya saya pasti capek sendiri ngejelasin ke orang2 apa yang sebenernya terjadi.
Hahahahaha
So please, orang2 yang suka nge judge people gitu, yuk coba buat lebih ngerti bahwa posisi orang itu beda2 dalam ngadepin suatu masalah yang sama.
Dan setiap orang tau kok pasti apa yang terbaik buat dirinya.
Dan sekali lagi, ketika seseorang punya masalah itu, bukan judgement yang ia butuhkan, tapi support, ato at least didengerin aja..ga lebih :)



No comments: